Tomi Telupere Programmer


Pages

Thursday, 25 September 2014

Materi Algoritma Dan Pemrograman II


 MATERI ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN II

PENGERTIAN ALGORITMA
Algoritma Diperkenalkan Oleh Ahli Matematika : Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi, seorang ilmuwan Persia yang menulis kitab al jabr w’al muqabala (rules of restoration and reduction) sekitar tahun 825 M.
Algoritma adalah : Suatu prosedur untuk menyelesaikan masalah yang berisi urutan langkah-langkah yg berintegrasi.

TAHAP PENYELESAIAN MASALAH 

 
KRITERIA  ALGORITMA
  1. Ada Output,
  2. Efektifitas dan Efesiensi,
  3. Jumlah Langkahnya Berhingga,
  4. Berakhir, 
  5. Terstruktur
Suatu algoritma harus menghasilkan output yg tepat guna (efektif) dlm waktu yg relatif singkat & penggunaan memori yg relatif sedikit (efesien) dgn langkah yg berhingga & prosedurnya berakhir baik dlm keadaan diperoleh suatu solusi ataupun tdk ada solusinya
Contoh prosedur untuk menentukan akar kuadrat dari suatu bilangan Bulat Positif yg di Input:
  1. Baca bilangan Bulat Positif yg diinput, sebut saja sebagai A
  2. Dinyatakan Nilai B adalah 0
  3. Hitung Nilai C yg berisikan Nilai B dikalikan Nilai B
  4. Jika Nilai C sama dengan Nilai A, maka Nilai B adalah Akar dari Nilai A, lalu stop
  5. Jika tidak, maka Nilai B akan bertambah 1
  6. Kembali ke langkah pada No. 3
MENYATAKAN ALGORITMA
a.      Dengan bahasa semu (pseudocode)
Contoh algoritma menghitung Luas Segi tiga :
  1. Masukan Nilai Alas
  2. Masukan Nilai Tinggi
  3. Hitung Luas =( Alas * Tinggi ) / 2
  4. Cetak Luas
b.      Dengan diagram alur atau flowchart
Contoh :

c.       Dengan Statement program / penggalan Program
Contoh (menggunakan  c++):
cin>>alas;                                                  untuk input data
cin>> tinggi;
luas = (alas * tinggi)/2 ;                 proses
 cout<<luas;                                   untuk output data
 
ALGORITMA PERTUKARAN
Diberikan dua buah gelas berisi teh dan kopi.
Buatlah pseudocode untuk menukarkan isi kedua gelas itu sedemikian sehingga gelas yang berisi teh  menjadi kopi dan sebaliknya.
MENYATAKAN ALGORITMA

DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Flowchart adalah suatu diagram yang menggambarkan susunan logika suatu program.
Simbol :
 
Proses/prosessing, satu atau beberapa himpunan penugasan yang akan dilaksanakan secara berurutan
Input / Output data yg akan dibaca & dimasukan ke dalam memori komputer dari suatu alat input

Terminal, berfungsi sebagai awal dan akhir dari suatu proses alur.

Decision (kotak keputusan) berfungsi utk memutuskan arah/percabangan yg diambil sesuai dgn kondisi yg dipenuhi, yaitu Benar/Salah. (dibahas dalam struktur branching).

Subroutine digunakan untuk menjalankan proses suatu bagian (sub program) atau prosedur.

Preparation digunakan untuk pemberian harga awal.

Connector/penghubung, digunakan untuk menghubungkan diagram alur yang terputus dimana bagian tersebut masih berada pada halaman yang sama.

On page Connector, Untuk menghubungkan sambungan dari bagian flowchart yang terputus dimana sambungannya berada pada halaman lain.

Flowline, menunjukkan bagian arah instruksi dijalankan


STRUKTUR DASAR ALGORITMA
1.      Sequence/urutan/runtunan
     instruksi dikerjakan dari atas ke bawah secara berurutan
2.      Condition/Decision/selection/branching/keputusan/pemilihan/percabangan/bersyarat
     ada 2 macam:
     1. Bersyarat (if dan case)
     2. Tidak bersyarat (goto)
3.      Looping/repetition/iteration/perulangan
     (for dan while)
Struktur Sequence
Contoh :

Struktur Branching
Contoh :

Struktur Looping
Contoh :

MENYATAKAN ALGORITMA DENGAN KALIMAT
·         Kalimat 1
-          Tampilkan kata “Algoritma”
·         Kalimat 2.
-          nilai r sama dengan 7
-          Hitung s sama dengan r dibagi 2
-          Tampilkan nilai s 

MENYATAKAN ALGORITMA DENGAN FLOWCHART

 


 
MENYATAKAN ALGORITMA DENGAN STATEMENT PROGRAM
1.      Judul Algoritma
  1. Deklarasi
            Berisi pendefinisian nama/identifier yang digunakan pada bagian deskripsi
3.      Deskripsi/statement
            Berisi penyelesaian masalah berupa deretan intruksi

Contoh Pendeklarasian :
-          Tidak ada deklarasi
Algoritma  tampilan
begin
            Write(“Algoritma”);
end.
-          Dengan deklarasi
Algoritma hitung
r : integer
s : real
begin
            r ←7
            s ← r/2
            write (s)
end.

Implementasi dalam C++
Tidak ada deklarasi
//algoritma tampilan
main()
{
            cout<<”Algoritma”);
}
Dengan deklarasi
//algoritma hitung
Main()
{int r;
float s;
r = 7;
s = r/2;
cout<<s;
}
IDENTIFIER
Identifier adalah nama yang didefinisikan oleh programmer
Identifier dalam program:  
1. Variabel 
    Tempat menyimpan nilai yang isinya relative berubah sesuai dengan kondisi terkini  
2. Konstanta
    Tempat menyimpan nilai yang isinya tetap selama program dijalankan
3. Tipe data bentukan
    Jenis data,tipe baru bisa didefenisikan oleh programer
4. Label
    Bagian program untuk intruksi lompatan
5. Fungsi/prosedur
    sub program

Aturan membuat identifier :
      Terdiri dari 1 huruf atau lebih maksimal 256 karakter
      Boleh di gabung dengan angka tapi angka tidak boleh di letakan di depan
      Tidak boleh menggunakan keyword/reserved word/kata cadangan
      Tidak boleh ada spasi
      Tidak boleh menggunakan symbol kecuali underscore (_)
      Tidak boleh sama
Contoh deklarasi variabel dan konstanta dalam C++
#define a 3.14              ------> deklarasi konstanta
main()
{
    int r;                         ------> deklarasi variabel
    float l;
            cin>>r;
    l = r * r * a;
    cout<<l;
}
Contoh deklarasi label dalam C++
{
int n;
atas:                                         -----> deklarasi label
cout<<"input nim = “;
cin>>n;
goto atas;                                 ----> pemanggilan label
}
Contoh deklarasi tipe bentukan dalam C++
{
typedef int bilanganbulat;        ---- > deklarasi tipe baru
bilanganbulat angka;                ----> deklarasi variabel
angka = 100;
angka = angka*2;
cout<<angka;
}
Contoh penulisan subprogram (fungsi) dalam C++
TIDAK MENGEMBALIKAN NILAI
void hitung()
{
 int a,b=10,c=20;
 a = b + c;
 cout<<"10 + 20 = "<<a;
}
main ()
{
 hitung();
}
MENGEMBALIKAN NILAI
int hitung()
{
 int b=10,c=20;
 return b + c;
}
main ()
{
 cout<<"10 + 20 = "<<hitung();
}

Sekian post dari saya.Semoga post saya ini bermanfaat untuk anda.Makasih.

 

No comments:

Post a Comment